Rabu, 06 Februari 2013

Tugas pak muhardi

Pengalaman penyelesaian masalah atau konflik di dalam tempat kerja dengan sesama Training, Staff , maupun Atasan :
Pada suatu hari ketika saya tengah training menjadi waiters di sebuah lounge, ada 3 orang guest yang memesan minuman di lounge, setelah beberapa saat mereka ingin makan malam di restaurant findinning yg bernama sriwijaya restaurant , otomotis bill mereka ketika di lounge di transfer dari cashier lounge ke cashier sriwijaya restaurant, captain saya meminta saya untuk mengantar bill tersebut ke cashir yang di sriwijaya restaurant, untuk menuju kesana saya melewati garden coffee house, ketika saya melewati garden ada satu waiter coffee house dan satu waiter sriwijaya restaurant yang sedang membantu coffee house karena sedang busy, mereka mengatakan bahwa table yang mereka sedang layani adalah tamu yang berasal dari lounge, tapi saya mengatakan “captain saya bilang tamunya itu pindah ke sriwijaya restaurant bukan ke coffee house”, tetapi mereka berdua meyakinkan saya, bahwa tamu tersebut tidak jadi ke sriwijaya restaurant melainkan ke coffee house, awalnya saya sempat ragu karena berbeda dengan apa yang captain saya katakan, tapi karena mereka berdua sangat meyakinkan dan saya fikir ada waiter sriwijaya yang berarti dia tahu, akhirnya saya berikan bill tersebut kepada mereka untuk di gabung dengan bill di coffee house.
Ketika sore hari supervaisor saya memanggil saya, dan meminta saya untuk menceritakan tentang pemberian bill tersebut, saya menceritakan semuanya sesuai yang saya alami, selesai saya menceritakan semuanya, supervaisor saya menjelaskan bahwa tamu yang dari lounge tadi tersebut benar pindah ke sriwijaya restaurant bukan ke coffee house, saya terkejut dan bertanya “terus bagaimana bill yang tadi berikan ke coffee house?” supervaisor saya bilang ya tamu yang di coffe house tidak mau membayar karna mereka mersa tidak mengorder dan meminum minuman tersebut, sedangkan tamu yang sebenarnya sudah pergi dari sriwijaya restaurant dan tidak membayar bill mereka yg di lounge karena tidak ada bill yang di transfer ke sriwijaya restauarnt. Saya merasa sangat bersalah dengan kejadian ini, itu berarti saya menghilangkan sebuah bill, dan saya pun siapa untuk menggantikannya. Supervaisor saya menasehati saya “lain kali kamu harus lebih teliti dan selalu make sure, jangan main percaya saja dengan apa yang dikatakan orang lain, walaupun mereka staff, karena mereka pun belum tentu tau yang mana yang benar, dan jangan kejadian seperti ini terulang lagi, kamu tidak perlu menggantikan bill ini karena ada uang service untuk menutupi bill ini, kejadian ini bisa kami ambil hikmahnya dan kamu bisa jadikan belajaran yang berharga buat kamu “.
Berdasarkan kejadian di atas saya dapat menyimpulkan sifat-sifat saya yg kurang baik :
  • Tidak teliti
  • Sangat mudah percaya omongan orang lain
  • Tidak bisa ambil keputusan sendiri
  • Gampang terbawa orang lain/terhasut
  • Tidak punya pendirian
  • Tidak mengikuti perintah sesuai perintah yg diberikan


Hikmah yang saya bisa ambil dan sifat yang harus saya ubah:
  • Harus bisa lebih teliti
  • Jangan mudah terhasut oleh orang lain
  • Harus berani mengambil keputusan sendiri
  • Mengikuti perintah sesuai yang di berikan
  • Harus mempunyai pendirian yang tepat
  • Menerima semua nasihat dan masukan
  • Menjadikan semua masalah dan konflik sesuatu yg bisa kita ambil hikmahnya.
  • Makin termotivasi untuk menjadi lebih baik lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar